Log in

I forgot my password

Affiliates
free forum

Clamp Factory
Haruhiist Indo
HnG Indo

Al'loggio: Yaoi Daily Life Roleplaying Forum


PM to affiliate!


 
30th May

Sat May 30, 2009 3:59 pm by Admin

Bagi yang karakternya sudah berada di B.A.B.E.L sejak kecil (usia 10-13 tahun), wajib memiliki Tim sebelum mulai ber RP | Pendaftar ke 33-42 Diwajibkan Manusia dengan Organisasi Normal People/Yakuza

Untuk yang BARU saja masuk B.A.B.E.L saat RP baru mulai, boleh mencari anggota tim LEWAT RP.

Maaf atas ketidaknyamanan nya




[ Full reading ]

Comments: 0

27th May

Wed May 27, 2009 9:02 am by Admin

Registrasi Char B.A.B.E.L ditutup untuk pendaftaran ke 20 sampai 32 | Diminta agar member baru mendaftar sebagai pemihak manusia agar seimbang | DICARI MEMBER YG INGIN MENJADI KETUA B.A.B.E.L, NORMALPEOPLE & YAKUZA |roleplay akan dibuka beberapa jam lagi


Kasus:
  • Manusia biasa yang tidak memihak pada esper memiliki organisasi yang bernama Normal People.
  • Mereka biasanya takut kepada …


[ Full reading ]

Comments: 0

Character of The Month

::No one::


Roleplay Guide for Beginner

View previous topic View next topic Go down

Roleplay Guide for Beginner

Post by Admin on Sun Mar 15, 2009 10:28 am

Tata Cara Bermain di Text-Base Roleplaying Game

Inikah yang membuatmu bingung? Apa itu RPG dengan text? Simaklah cara bermainnya. Simpan waktumu mungkin sekitar 15 menit untuk mempelajari cara melakukan RPG yang baik dan benar.

Text Based RPG Rules
Pernah membaca cerpen atau novel? Ada cerita yang diambil dari sudut pandang pertama, atau sudut pandang lainnya—err, kau tidak tahu maksudnya? Kira-kira maksud dari sudut pandang adalah;

  • Sudut pandang pertama : Penulis menceritakan lewat dirinya sendiri (sebagai aku), dan ‘aku’ adalah tokoh utamanya.
  • Suduh pandang kedua : Penulis menceritakan lewat orang lain, namun ‘aku’ berperan menjadi orang lain.
  • Sudut pandang ketiga : Penulis menceritakan orang lain, dan ‘aku’ tidak berperan sebagai apapun. Semua karakter bukanlah ‘aku’.

Justru dalam Text-based RPG, kita menggunakan sudut pandang ketiga. Jadi, tidak ada ‘aku’, walaupun kamu sendiri sedang menjadi karakter lain.


Ini adalah salah satu contoh kalimat dengan sudut pandang orang pertama.
”Tidak!” teriaknya, dan aku menutup telingaku.
Ok, apakah kamu mulai mengerti? Sudut pandang seperti inilah yang jangan kamu tiru, ini adalah contoh salah. Kamu tidak boleh mengaku sebagai ‘aku’, kamu harus mengaku sebagai ‘si karakter’. Keterangan lanjut bisa kamu cek di buku Bahasa Indonesia kelas 7, atau mencari di sumber lainnya.

How to Play -- Basic

Sederhana saja, kamu membutuhkan beberapa hal dibawah ini;

  • Keyboard untuk mengetik
  • Kreatifitas dalam membuat sebuah kisah
  • Penghayatan. Kamu harus menghayati karakter yang kamu mainkan.
Sederhana saja.

Dalam bermain, kamu harus membentuk paragraf-paragraf yang nanti akan terus disambung sehingga menjadi sebuah kisah yang terus bersambungan.

Sedikit aturan/tips mudah dalam membuat paragraf cerita adalah seperti ini :

  • Sisipkan waktu. Ini mempermudah jalan cerita. Jika kamu tidak menyisipkan ini, bisa saja partner ber RP (Roleplay, selanjutnya disingkat saja) mu bingung. Coba pikir,
Misalnya Rec sedang ber roleplay di sebuah hutan. Mungkin yang memainkan Rec tahu bahwa karakternya sedang berdiam di malam hari yang gelap, tapi bagaimana dengan partner RPnya? Kalau salah deskripsi, bisa-bisa roleplaynya sedikit sulit.

  • Deskripsikan apa yang dilakukan karaktermu dengan jelas. Bukan hanya sekedar percakapan, namun juga yang karakter lakukan secara fisik, dan apa opini menurut sudup pandang si karakter. Ok, kurang mengerti? Simak dulu ini,
Miyu ber roleplay di distrik utara, dan ia hanya mendeskripsikan ia berdiri di tempat itu. Berdiri dimana dia? Sedang apa dia berdiri? Untuk apa dia berdiri? Kenapa dia berdiri?
[*]Dari quote diatas, coba jawab pertanyaannya untuk menambah deskripsi yang jelas, sehingga terbentuk post seperti ini[/list]

”Aku kaget mendengar nona punya tunangan. Putri dari keluarga kalangan atas memang beda,”

DEG. Kalau prasyaratnya diubah, maka cara pandangnya akan berubah. Bila itu menyangkut hubungan antara seorang pelayan dan majikan, maka semua akan menjadi kata-kata. Dan bila syarat itu dijadikan syarat sepasang kekasih, pada akhirnya kata-kata itu memiliki arti. Nagi kecewa melihat senyuman Hayate yang sepolos itu, padahal Nagi sendiri tidak ingin statusnya sebagai tunangan Wataru bocor sampai ke Hayate—yang sangat disukainya.

Bagi Nagi, walaupun Hayate tidak mengatakan bahwa ia kesal telah diduakan, bagi nagi, senyum Hayate sudah membuktikannya (walaupun belum tentu benar).

’Dasar Hayate! Mendengar kata-kata menyakitkan seperti itu, kenapa Cuma bisa diam?! Paling tidak, tunjukan kemarahanmu!’ batin Nagi menatap tajam Hayate dari jauh. Ia Cuma berharap Hayate menunjukkan bahwa ia cemburu pada Wataru. Walaupun Hayate seperti tidak mengatakan demikian, baginya Hayate menginginkan dirinya.
Contoh ini adalah Apa yang dilakukan San*enin Nagi di manga Hay*te the combat b*tler volume 3 halaman 6, terimakasih kepada Faira Ammadea yang menerjemahkannya untuk terbitan El*x Media

abu-abu : mengulang/mengutip apa yang dikatakan poster sebelumnya. Jika tidak perlu, tidak usah
kuning : deskripsi apa yang dilakukan si karakter
hijau : opini si karakter dengan sudut pandang ketiga
biru : sedikit deskripsi tambahan

  • Dalam posting biasa, jangan gunakan warna-warni seperti paragraf diatas. Ini hanya contoh deskripsi biasa yang menjadi dasar ber RP di ESPer Society.
  • Tahap dua, ini adalah tanda baca yang digunakan dalam menulis deskripsi:
[quote]#1. Tanda petik (“) & Ketentuan Percakapan
Tidak lain digunakan untuk tanda percakapan. Jangan lupa untuk mencetak merah setiap apa yang diucapkan oleh karakter yang dimainkan olehmu.
Kawatir, gadis berambut panjang itu pelan-pelan menarik punggung baju Hayate. Ia tahu ia tidak terlalu kuat, dan ia berkata, ”Kau…ingin pulang?

#2. Tanda petik satu (‘) & Ketentuan bicara dalam hati
Sedangkan jika si karakter bicara dalam hati, kamu bukan member tanda petik, namun tanda petik satu (sedikit mirip, tapi Cuma satu).
’Pasti tidak datang..’ batin Nagi takut. ’Hayate tidak akan menolongku…’

Yak, pelajarannya sampai disini saja. Tidak terlalu sulit menulis deskripsi, hanya butuh kejelian dalam membaca dan menulis saja.

Admin
Admin
Admin

Posts : 118
EXP : 4
Join date : 2009-03-15

View user profile http://esper.societyforum.net

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum